Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, 20 Januari 2010

Amalan merosakkan otak kita

Amalan merosakkan otak kita
1. Tidak Sarapan
Sarapan pada waktu pagi untuk memasukkan nutrin ke otak, kurang nutrin maka otak menjadi lemah. Sarapan yang terbaik di pagi hari bukanlah makanan berat seperti nasi goreng spesial, tetapi cukup air putih dan segelas jus buah segar.
2. Membanyakkan Makan.
Terlalu banyak makan mengeraskan pembuluh otak yang biasanya menurunkan kekuatan mental. Biasakan menahan diri makan sampai kenyang dengan cara berhenti makan sebelum Anda kekenyangan.
3. Merokok
Merokok menyebabkan otak menyusut dan akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya karena kerajinan menghisap benda berasap. Merokok juga dikaitkan dengan penyakit Alzheimer.
4. Banyak Minum Gula
Gula menghalangi penyerapan protein dan zat untuk sampai ke bahagian tubuh yang kekurangan nutrin dan menyebabkan perkembangan otak terganggu.
5. Kurang Udara (tiada peredaran udara)
Otak adalah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama berada di dalam kawasan / tempat kurang kurang udara menyebabkan otak tidak efisien.
6. Kurang Tidur
Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Mengurangkan tidur membuat sel-sel otak menjadi mati kelelahan. Tapi jangan pula terlalu membanyakan tidur karena boleh membuat kita pemalas dan lembab. Sebaiknya tidur 6-8 jam sehari supaya sehat.
7. Menutup Kepala Ketika Sedang Tidur
Dipercayai juga tidur dengan kepala yang ditutupi merupakan kebiasaan buruk yang sangat berbahaya karena karbondioksida yang diproduksi semasa tidur terhalang akhirnya otak tercemar dan otak menjadi rusak.
8. Berpikir Terlalu Keras Ketika Sedang Saki t
Bekerja keras atau belajar berlebihan ketika keadaan tubuh badan kurang sihat akan menambah parah ketidakefektifan otak. Banyakkan rehat pada ketika ini.
9. Kurangnya Stimulasi Otak
Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir akan membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi. Rajin membaca, baca al-Quran, mendengar musik dan bermain (catur, scrabble, dll) membuat otak berpikir aktif dan kreatif.
10. Jarang Bercakap
Percakapan berbentuk intelektual/ilmu akan membawa kebaikan pada otak. Jangan jadikan diri jadi pendiam. Pecakapan atau pebincangan yang bermutu sangat baik untuk otak dan kesehatan.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

My Blog List

Labels

visitor on line

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP